Fenomena media sosial yang jika kita menyebut kata
‘jejaring sosial’ atau ‘social network’, barangkali yang terpikir oleh kita
adalah Facebook, twitter, frendster dan myspace. Belum lagi muncul jejaring
sosial yang baru dengan fitur yang semakin baru pula.
Di Indonesia sendiri situs yang paling booming
pertama kali adalah Friendster. Situs dari Amerika ini mulai digemari pada
tahun 2002, tapi kini popularitasnya sudah mulai menurun dan tersaingi situs
jaringan sosial yang dikembangkan oleh Mark Zuckenberg. Ini memang
sebuah fenomena. Hampir semua orang memiliki akun di Facebook. Mulai dari
anak-anak SD, remaja, mahasiswa sampai orang-orang tua sudah kecanduan akan
facebook. Mereka rela menghabiskan banyak uang hanya untuk membuka akun baru
dan mulai melihat status di facebook.
Rasanya bisa disebut aneh dan ketinggalan jaman
apabila kini masih ada sebagian orang yang belum mengenal facebook. Semakin
hari jumlah pengguna situs jejaring sosial ini semakin meningkat dan
menunjukkan angka peningkatan yang sangat signifikan.
Selain Facebook, ada Twitter, Friendster,
MySpace, Multiply, Live Journal, Plurk, Hi5, YouTube, dan lain-lain sebagainya.
Bahkan ada yang berasal dari Indonesia. Ini yang cukup membanggakan, situs
jaringan sosial local yang juga eksis di dunia. Pertumbuhan pengguna internet
di Indonesia semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan teknologi informasi
yang berlangsung cepat. Apakah peningkatan pengguna internet ini dikarenakan
semakin banyaknya orang-orang yang keranjingan social networking? Jawabannya,
bisa iya bisa juga tidak. Karena belum ada penelitian tentang hal itu.
Satu hal yang rasanya perlu diperhatikan,
bagaimanapun juga sebuah teknologi adalah fasilitas yang dapat digunakan sesuai
penggunanya. Kehadiran situs jejaring sosial ini dapat memberikan keuntungan
dan kerugian. ini tergantung cara penggunga memanfaatkannya.
Beberapa dampak positif dari jejaring sosial ini,
yaitu:
1.
Memperluas pergaulan, karena mudah
berinteraksi dengan orang-orang dari seluruh dunia.
2.
Dapat digunakan sebagai media promosi
yang efektif dalam bisnis.
3.
Penyebaran informasi dapat
dimaksimalkan.
Sedangkan
dampak negatifnya yaitu:
1.
Dapat menyebabkan kecanduan.
2.
Seseorang yang menghabiskan waktu
terlalu lama di depan layar computer cenderung jarang berolahraga, dan dapat
mengganggu kesehatan.
3.
Kerusakan fisik bisa sangat mungkin
terjadi.
4.
Media elektronik, seperti komputer,
laptop, atau handphone (ponsel) juga menghancurkan secara perlahan-lahan
kemampuan anak-anak dan kalangan dewasa muda untuk mempelajari kemampuan sosial
dan membaca bahasa tubuh orang.
Tags
Dinamika Sosial